1.1 Sejarah Internet
Internet merupakan sebuah revolusi
dalam bidang teknologi pada abad 21 yang menyatukan telekomunikasi dengan
komputer. Diawali dari sebuah penelitian pertahanan Amerika Serikat berkembang
menjadi sebuah mesin ekonomi global. Internet menyebabkan perubahan kondisi
sosial dan ekonomi. Implikasinya terhadap ekonomi menyebabkan internet menjadi
perhatian bagi khalayak akademis. Internet menurunkan biaya transaksi dan meminimalisasi
ketidakpastian dalam distribusi barang dan jasa.
Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking yang berarti hubungan dari banyak
jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi
seperti telepon, salelit dan lainnya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan
komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP.
TCP (Transmission Control Protocol)
bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan
IP (Internet Protocol) yang
mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data,
memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan
mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet,
Anda harus berlangganan ke salah satu ISP
(Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara
jasa internet. Anda bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet
Instan, speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media, netzip dan sebagainya.
Kehadirannya telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai
aspek dan dimensi. Internet merupakan salah satu instrumen dalam
era globalisasi yang telah menjadikan dunia ini menjadi transparan dan
terhubung dengan sangat mudah dan cepat tanpa mengenal batas-batas kewilayahan
atau kebangsaan. Melalui internet setiap orang dapat mengakses ke
dunia global untuk memperoleh informasi dalam berbagai bidang dan pada gilirannya akan memberikan pengaruh dalam keseluruhan perilakunya. Dalam kurun waktu yang amat cepat beberapa
dasawarsa terakhir telah terjadi revolusi internet di berbagai negara serta
penggunaannya dalam berbagai bidang kehidupan. Keberadaan internet pada masa
kini sudah merupakan satu kebutuhan pokok manusia modern dlam menghadapi
berbagai tantangan perkembangan global. Kondisi ini sudah tentu akan memberikan
dampak terhadap corak dan pola-pola kehidupan umat manusia secara keseluruhan.
Dalam kaitan ini, setiap orang atau bangsa ingin lestari dalam menghadapi
tantangan global, perlu meningkatkan kualitas dirinya untuk beradaptasi dengan
tuntutan yang berkembang.
Di masa-masa mendatang, arus
informasi akan semakin meningkat melalui jaringan internet yang bersifat global
di seluruh dunia dan menuntut siapapun untuk beradaptasi dengan kecenderungan
itu bila tidak ingin ketinggalan zaman. Dengan kondisi demikian maka pendidikan
khususnya proses pembelajaran cepat atau lambat tidak dapat terlepas dari
keberadaan komputer dan internet sebagai alat bantu utama.
Meskipun teknologi informasi
dalam bentuk komputer dan internet telah terbukti banyak menunjang proses
pembelajaran anak secara lebih efektif dan produktif, nmaun di sisi lain masih
banyak kelemahan dan kekurangan. Dari sisi kegairahan kadang-kadang anak-anak
lebih bergairah dengan internet itu sendiri dibandingkan dengan materi yang
dipelajari. Dapat juga terjadi proses pembelajaran yang bersifat individual
sehingga mengurangi pembelajaran yang bersifat sosial. Dari aspek informasi
yang diperoleh, tidak terjamin adanya ketetapan informasi dari internet
sehingga sangat berbahaya bila anak kurang memiliki sikap kritis terhadap
informasi yang diperoleh. Bagi anak-anak sekolah dasar penggunaan internet yang
kurang proporsional dapat mengabaikan peningkatan kemampuan yang bersifat
manual seperti menulis tangan, menggambar, berhitung dsb. Dalam hal ini guru
perlu memiliki kemampuan dlam mengelola kegiatan pembelajaran secara
proposional dan demikian pula perlunya kerjasama yang baik dengan orang tua untuk
membimbing anak-anak di rumah masing-masing.
1.2 Perumusan Masalah
Pada proses identifikasi masalah, penulis dapat merumuskan
masalah yang berkaitan dengan suasana publik dalam era internet saat ini antara lain :
1. Bagaimana
cara beradaptasi di dalam era internet yang terus berkembang.
2. Bagaimana
mengatasi dampak negatif yang ditimbulkan dalam era internet.
1.3 INTERNET DI INDONESIA
Indonesia merupakan negara yang unik dalam perkembangan
internetnya. Bila negara lain perkembangan internetnya dipicu dari penggunaan
individual dan penggunaan internet oleh perusahaan-perusahaan, internet di
Indonesia berkembang melalui akses internet publik yaitu internet cafe atau
warung internet. Bagi negera-negara berkembang seperti Indonesia, internet
berarti sebuah peluang usaha yang dapat dikembangkan.
Secara umum
akses internet publik terbagi menjadi tiga :
1. Tele center
Tele center merupakan
fasilitas komputer, jaringan internet berikut sarana pendukungnya untuk
pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan memperoleh dan menyebarkan informasi
serta komunikasi antar kelompok masyarakat, mayarakat dengan pemerintah maupun
dengan dunia usaha dalam rangka meningkatkan kapasitas masyarakat di berbagai
bidang. Contohnya akses internet di perpustakaan atau di kantor biasanya gratis.
2. Warnet, berbayar tergantung lama penggunaan internet.
Warnet
digunakan untuk bermacam-macam tujuan, bagi pelajar, dan mahasiswa warnet
banyak digunakan untuk:
·
Mengerjakan tugas atau pekerjaan
rumah
·
Melakukan riset
Bagi
masyarakat umum warnet digunakan untuk:
·
Melamar pekerjaan
·
Bersosialisasi dan berkomunikasi
(chatting)
·
Sarana menikmati hiburan dan lain
sebagainya.
3. Information
access point, adalah
terminal untuk mengakses internet, untuk penggunaan waktu
yang singkat. Biasa tersedia di mall, bandara dan berbagai tempat publik.
Dari penelitian mengenai Indonesia ini didapat beberapa hal sebagai berikut
:
1. Antar warnet
bergabung menjadi satu jaringan, untuk menekan biaya bandwith internet.
2. Wiraswasta
yang terjun dalam usaha warung internet, berlatar pendidikan IT atau setidaknya mempunyai kemampuan IT.
3. Pengguna
warnet sebagian besar merupakan orang muda.
4. Lingkungan
yang menjadi tempat bertumbuhnya warung internet berdekataan dengan
fasilitas pendidikan dan tempat rekreasi.
Faktor ekonomi merupakan indikator utama dalam perkembangan
Internet. Diketahui bahwa perkembangan masyarakat memiliki pengaruh yang besar
dalam perkembangan internet. Perbedaan perkembangan internet pada 3 kawasan
secara ekonomi, kemungkinan besar rendahnya pendidikan, perkembangan masyarakat
dan faktor infrastruktur.
·
Layanan dalam internet
1. Dunia
Perbankan :
a. ATM Bersama
secara online.
b. Transaksi
keuangan lewat internet.
c. Meminjam
uang lewat kredit.
d. Bayar
listrik.
2. Dunia
pendidikan :
a. Bisa
melaksanakan pembelajaran secara online.
b. Mencari
bahan materi secara mandiri melalui online.
c. Mengetahui
perkembangan dunia dengan mudah.
d. Mengembangkan
kreativitas diri. Kita bisa berkreasi melalui internet.
e. Memperlihatkan
karya hasil belajar kepada masyarakat bebas. Kita bisa mempublikasikan karya
seperti puisi melalui sarana internet blog.
3. Ekonomi :
a. Meningkatkan
penghasilan perusahaan karena bisa bertransaksi lewat internet.
b. Lebih
leluasa dalam mempublikasikan produk baru.
c. Menghemat
biaya karena internet biasanya gratis.
1.4
Perkembangan Internet
Internet telah membuat revolusi baru dalam dunia komputer dan
dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya. Beberapa Penemuan
telegram, telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang
menuntun menuju terciptanya internet yang lebih terintegrasi dan lebih
berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki kemampuan
penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme diseminasi informasi, dan
sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dengan
komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.
Internet merupakan sebuah contoh paling sukses dari
usaha investasi yang tak pernah henti dan komitmen untuk melakukan riset
berikut pengembangan infrastruktur teknologi informasi. Dimulai dengan
penelitian packet switching (paket
pensaklaran), pemerintah, industri dan para civitas
academica telah bekerjasama berupaya mengubah dan menciptakan teknologi
baru yang menarik ini.
Internet merupakan jaringan global komputer dunia yang
besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya
dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai macam
informasi mulai dari text, gambar,
audio, video dan lainnya.
Internet memberikan banyak sekali manfaat, ada yang
bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Baik bila digunakan untuk pembelajaran
informasi dan buruk bila digunakan untuk hal yang berbau pornografi, informasi
kekerasan dan lain-lainnya yang negatif.
Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh
dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling
mengirimkan email, menghubungkan
komputer satu ke ke komputer yang lain, mengirim dan menerima file dalam bentuk text, audio, video, membahas topik tertentu pada newsgroup, website social networking dan
lain-lain.
Sejarah
Perkembangan Internet Indonesia :
1. Tahun 1989 – 1990
Berawal dari mailing list pertama, yaitu indonesians@janus.berkeley.edu, diskusi–diskusi antar teman mahasiswa Indonesia yang
mengenyam pendidikan di luar negeri. Pola dari mailing list ini terus berkembang, terutama di host server ITB dan egroups.co. Mailing list ini akhirnya menjadi salah satu sarana yang sangat strategis
dalam pembangunan komunitas internet di Indonesia.
Pada awal 1990-an,
komunikasi antara Onno W. Purbo (YC1DAV/VE3) yang waktu itu berada di Kanada
dengan rekan – rekan amatir radio di Indonesia dilakukan melalui jaringan
amatir radio ini. Dengan peralatan PC/XT dan walkie-talkie dengan band 2 meter, komunikasi antara Indonesia -
Kanada terus dilakukan dengan lancar melalui jaringan amatir radio.
2. Tahun 1992 -1994
Teknologi packet radio
TCO/IP yang diadopsi oleh rekan-rekan BPPT, LAPAN, UI dan ITB yang kemudian
menjadi tumpuan PaguyubanNet. AMPR-net (Amatir Packet Radio Network) yang
menggunakan IP pertama dikenal dengan nama domain AMPR.org dan IP 44.132. BPPT
mengoperasikan gateway tersebut yang
bekerja pada band 70 cm dengan menggunakan PC 386 dan OS DOS yang menjalankan
program NOS sebagai gateway packet radio TCP/IP.
3. Tahun 1994 - 1995
Di tahun 1994-an, ISP
komersial pertama IndoNet mulai beroperasi. Sambungan awal untuk Internet
dilakukan menggunakan dial-up oleh
IndoNet. Akses awal di IndoNet mulanya memakai mode teks dengan shell account, browser Lynx dan e-mail client pine pada server AIX. Mulailah pada 1995 beberapa BBS
di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri
dengan memakai remote browser Lynx di
AS, pemakai Internet di Indonesia bisa akses Internet (HTTP).
Sejak tahun 1994 Internet
masuk ke Indonesia dengan Top Level
Domain ID (TLD ID) primer yang dibangun di server UUNET, lalu dilanjutkan
dengan domain tingkat dua (Second Level
Domain). ISP (Internet Service
Provider) pertama di Indonesia adalah IPTEKnet yang terhubung ke Internet
dengan kapasitas bandwidth 64 Kbps.
4. Tahun 1995 - Sekarang
Akhirnya, akses internet
Indonesia terus berkembang dengan seiringnya waktu. Indonesia dapat dibilang
mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sampai sekarang ini.
Menurut APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), lembaga yang
dapat memperkirakan pengguna internet, pengguna internet di Indonesia sampai
tahun 2014 mencapai sekitar 88,1 juta dan itu diperkirakan terus meningkat
karena diiringi teknologi mobile yang
semakin canggih dan juga terjangkau.
1.5 Dampak Positif dan Negatif Internet
Keberadaan internet memberi dampak positif bagi
seluruh masyrakat pengguna internet termasuk remaja. Disana mereka bisa dengan
cepat mendapatkan informasi, bisa mencarinya dengan menggunakan google atau dengan cara yang lain.
Tetapi kebanyakan remaja menggunakan internet untuk mencari teman, chatting, kirim e-mail dan mencari tugas-tugas kuliah atau tugas sekolah.
Dikalangan remaja masa kini yang sedang marak-maraknya adalah friendster. Mereka mencari teman melalui friendster dan bisa juga kirim-kirim
foto atau lain sebagainya.
Internet bukan hanya untuk mencari informasi saja,
akan tetapi dapat digunakan sebagai tempat penjualan barang dan jasa. Penjualan
melalui internet ini disebut E-Commerce
(electronic commerce). Munculnya istilah ini seiring dengan semakin
berkembangnya disiplin ilmu komputer dan internet. E-com ini dapat diartikan sebagai pertukaran barang, jasa dan atau
informasi melalui medium elektronik dengan imbalan uang yang pembayarannya
dilakukan dengan menggunakan credit card
(kartu kredit).
Rentang bisnis melalui internet ini mulai dari
pemesanan bunga untuk orang tercinta, jual buku, langganan majalah, sampai
pembayaran ribuan rupiah untuk pembelian chip
processor yang akan digunakan untuk komputer.
Langkah pertama yang harus dilakukan oleh para
pengusaha adalah membuat homepage
yang akan berfungsi sebagai toko di internet. Melalui homepage ini ia dapat menyebarluaskan informasi mengenai
perusahaan, pruduk, dan pelayanan yang ditawarkan. Manfaat dari E-com itu sendiri adalah bisa menurunkan
pengeluaran tetap karena perusahaan bisa menghemat jumlah pegawai, dengan
demikian juga pengeluaran untuk gaji dan infrastruktur fisik. Dan sebaliknya,
untuk konsumen E-com menawarkan
kenyamanan lebih besar dan pilihan lebih banyak untuk barang dan jasa yang akan
dibeli dengaan harga lebih baik.
Selain dampak positif, internet juga bisa memberi
dampak negatif bagi kalangan masyarakat khususnya remaja. Misalnya para remaja
membuka situs-situs porno di internet. Itu merupakan salah satu perilaku
menyimpang yang dilakukan remaja. Disana mereka bisa melihat gambar-gambar
porno, adegan-adegan yang bisa menggoyahkan iman manusia dan itu semua dapat
merusak moral para remaja yang merupaka generasi penerus bangsa.
Selain itu dampak buruk dari internet itu adalah
timbul berbagai macam kejahatan. Diantaranya adalah pencurian uang di Bank
melalui internet, dan biasanya orang yang ahli di bidang itu disebut Hacker. Perbuatan kriminal tersebut
sulit untuk dideteksi karena mereka menggunakan taktik sendiri dan kode-kode
tertentu dalam pelaksanaan misi mereka. Dan itu semua tidak dapat diketahui
pihak lain. Pembobolan Bank ini dapat merugikan negara karena jumlah yang
diraup bukan hanya jutaan rupiah melainkan triliyun rupiah. Contoh kejahatan
lain adalah penipuan undian berhadiah. Dan masih banyak lagi tindak kriminal
yang dilakukan melalui internet.
Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa
internet banyak membantu manusia dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.
Internet bisa berdampak positif dan juga negatif tergantung cara kita
menggunakannya.
1. Dampak
Positif
A. Internet
sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak
digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna
lainnya dari seluruh dunia.
B. Media
pertukaran data dengan menggunakan email,
newsgroup, fttp dan www (world
wide web - jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh
dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
C. Media untuk
mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat menjadikan www
sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
D. Kemudahan
memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang
terjadi.
E. Bisa
digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan dan
lain-lain.
F. Kemudahan
bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi
menuju ke tempat penawaran/penjualan.
2. Dampak
Negatif
A. Pornografi
Anggapan
yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun
merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih
jenis homepage yang dapat diakses. Di
internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa
mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
B. Violence and Gore
Kekejaman
dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia
internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara
agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang
bersifat tabu.
C. Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet
pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak
mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada
penyedia informasi tersebut.
D. Carding
Karena sifatnya yang real time (langsung), cara belanja dengan menggunakan kartu kredit adalah
cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet
pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang
terbuka para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu
Kredit) on-line dan mencatat kode
kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka
dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
E. Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan
jaringan yang tersedia para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk
memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini karena
umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari
pengunjungnya.
F. Mengurangi
sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet
daripada bertemu secara langsung (face to
face).
Dari sifat sosial yang berubah dapat
mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
G. Bisa membuat
seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan
uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung
pada pemakainya bagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun
semestinya harus ada batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang
teguh walaupun bersentuhan dengan internet atau di dalam dunia maya.
1.6 Solusi terhadap dampak negatif
1. Mewaspadai muatan kekerasan dan tayangan mistis.
2. Mewaspadai kekerasan pada game.
3. Cek history browser
pada komputer atau hp anak untuk melihat apa saja yang sudah dilihatnya.
4. Menggunakan program filtering
/ internet protection software lokal
dan Parental Control.
Langkah ini merupakan langkah mudah dan
efisien untuk menghindarkan anak anda dari pengaruh negatif internet, termasuk
dari situs lokal. Penyedia jasa proteksi ini akan memfilter semua jenis
informasi maupun gambar dari layar komputer anak anda.
5. Meletakkan komputer pada tempat yang dapat diawasi,
hindari penempatan komputer di dalam kamar.
6. Jika terpaksa meletakkan komputer dalam kamar anak,
jangan melengkapinya dengan fasilitas internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar